Kamis, 08 November 2012

TUGAS PROSEDUR KLERIKAL



MATA PELAJARAN     : PRODUKTIF PERHOTELAN
KOMPETENSI             : MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL (KK 07)
KELAS                          : XII AP 1,2,3,4

TUGAS
1. Jelaskan persiapan penerimaan tamu tiba (preparation for guest arrival) di hotel/industri tempat anda 
    melaksanakan prakerin.
2. Lengkapi tugas no 1 dengan broshure hotel

catatan : Apabila pelaksanaan prakerin tidak dibagian Front Office maka siswa dpt membuat tugas melalui observasi di bagian Front Office

SOAL KK O3 MEMPROSES RESERVASI


   KODE KOMPETENSI            : 098 KK 03
                          K E L A S                               : Xll AP 1,2,3,4
                           SOAL PILIHAN GANDA         : 25 NOMOR
1)    Kalimat yang digunakan oleh reservation clerk pada waktu menawarkan bantuan kepada       tamu   adalah:
a.          what can I do for you?
b.          May I know your name?
c.          How may I access you?
d.          How about your payment?
e.          How long you will be stay?

2)    Sequence ke 9 dalam menerima dan memproses reservasi yaitu:
a.        Mengucapkan salam dan identitas
b.        Menawarkan bantuan
c.        Mengulangi/ mengkonfirmasi reservasi
d.        Memberikan alternative
e.        Kemampuan menjual

3)    Confirmation letter di follow up bagi tamu yang melakukan pemesanan kamar:
a.        E-mail
b.        Letter
c.        Faximile
d.        A,b,c benar
e.        Direct dan telephone

4)    Pengertian advance deposit yang tepat dibawah ini,yaitu:
a.        pembayaran/uang muka yg dilakukan tamu sebelum menempati     kamar yang dipesan
b.        pembayaran secara penuh sebelum menempati  kamar tersebut
c.        pembayaran melalui debet card
d.        tamu pindah kamar(room change)
e.        tamu yang mengadakan perjalanan/tour

5)  Yang tidak termasuk pihak ketiga dalam reservasi adalah:
a.        travel agent
b.        airline agent
c.        company/coorporate
d.        personal
e.        government

6)  Guaranteed reservation  seperti di bawah ini,kecuali:
a.        credit card
b.        advance deposit
c.        pre-payment
d.        coorporate
e.        E-mail

7)  Pengertian ’Peak season/high season adalah:
a.      tingkat hunian hotel rendah
b.      tingkat hunian hotel tinggi
c.      kelebihan pemesanan kamar
d.      hotel di tepi pantai
e.      hotel di daerah pegunungan

8)  Penulisan nama tamu MR. GARRY VAN DER BACH yang tepat pada Reservation slip               di           bawah ini adalah:
a.    Van der bach,G.Mr                 e. Mr.Bach,V.G          
b.    Mr.G.V.Bach
c.    Bach,G.V.Mr
d.    Vander bach,Garry.Mr

9)                Pengisian cross reference pada reservation slip yaitu:
a.    Pasangan/couple
b.    Children
c.    Partner/rekan
d.    Parents
e.    Honeymoon

10)             Some alternatives may be offered to the guest when the rooms are fully booked as follows,except:
a.    other date
b.    other room type
c.    other hotel in the same chain